Ukhti Cilik

Kurang lebih setahun yang lalu, saya mendengar percakapan ini saat saya mengambil wudhu hendak sholat maghrib di kos, percakapan ini adalah percakapan keluarga pemilik kos saya, yang terletak di lantai bawah.

Saya membuka keran, berwudhu, saat wudhu terdengar suara Amel, anak perempuan berusia 5 tahun, berkata pada bapaknya

Amel                     : pa.. pa…. aku udah bisa jadi imam lho kalo solat

Papa Amel          : oh ya? Bagus…

Amel                     : iya, amel udah bisa baca surat-surat nya

Papa Amel          : iya iya.. (sepertinya sedang sibuk hendak berwudhu)

Amel                     : solat habis ini Amel jadi imam ya pa…

Papa Amel          : (diam, yang terdengar air sedang mengucur, sepertinya sedang berwudhu)

Amel                     : pa, amel jadi imamnya ya pa…

Papa Amel          : (bergumam, tidak terdengar jawabannya)

 

Lalu sekitar sebulan yang lalu saya mendengar percakapan Amel lagi, kali ini dengan ibunya. Kejadiannya sama, saat hendak sholat maghrib di kos, dan sedang mengambil wudhu

Amel di kamar saya

Amel                     : mama…. Amel mau pake jilbab dong

Mama Amel       : iya… boleh

Amel                     : beneran boleh?

Mama Amel       : iya…

Amel                     : tapi harus apa?

Mama Amel       : maksudnya?

Amel                     : syaratnya apa? (saya yang dengar tertegun, cerdas juga ya? Anak kecil tau kalau ada aturan dalam banyak hal)

Mama Amel        : syaratnya harus dipake seterusnya

Amel                      : OK, amel mau ya?

Mama Amel        : iya…

 

Dan saat lebaran idul adha kemarin, saya hendak pergi ke rumah saudara di bekasi, melewati teras rumah Amel, tiba-tiba pintu dibuka dengna cepat, dan Amel datang dan menyalami saya. “lebaran kakak….”

Anak sekecil itu… menyalami saya duluan, bahkan tanpa sepengetahuan papa dan mama nya. Saya pun mampir di rumah nya dulu, halal bihalal lalu pergi ke tempat saudara.

Lihat kawan… betapa pikiran dan hati yang masih suci dan dibiasakan dengan hal islami, bisa berpengaruh besar pada perkembangannya.

Jadi bagi yang telah memiliki anak, ayo dibiasakan dengan hal berbau religy dan bermanfaat untuk anak ya…

Bagi yang belum, bisa dijadikan plan untuk edukasi anak kawan-kawan sekalian kelak

Amel, kakak belajar banyak dari Amel lho 🙂

2 thoughts on “Ukhti Cilik

Tell me anything :)

