Kasus Veteran : Karena Kita Tidak Peduli

Bukan salah Pemerintah Indonesia saja jika nasib mantan veteran Indonesia terbengkalai seperti sekarang ini. Dilihat dari beberapa riset yang saya lakukan, mantan veteran di Indonesia beberapa (banyak) di antara mereka mendapat fasilitas rumah yang menjadi hak milik, dan mendapat dana pensiun veteran yang terbilang di atas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).

Lho? Ada ya, sha??

Ya, ada.

Mereka memiliki rumah pemberian pemerintah Indonesia saat itu, dan dana pensiun mereka hingga kini ditanggung pemerintah pula. Bahkan dari beberapa yang saya tanya dana pensiun mereka mencapai 2.6juta. Subhanallah…

Lalu bagaimana nasib mantan veteran yang terbengkalai? Mengapa ada yang begitu?

Pertanyaan di atas saya ajukan kepada salah satu mantan veteran yang kini beruntung, salah satu yang mendapat fasilitas rumah sebagai hak milik, dan dana pensiun penuh dari Pemerintah Indonesia seperti yang telah saya jelaskan di atas. Saya tanyakan itu pada seorang bapak bernama Nursalam.

Beliau menjawab “itu karena mereka tidak urus pensiunan nya, coba diurus, bisa jadi mereka akan seperti saya, mendapat dana pensiun penuh dan rumah”

Surprised.

Selama ini saya termasuk yang menyalahkan Pemerintah RI mengenai nasib mantan veteran yang jauh di bawah standar, tetapi ternyata fakta nya tidak seperti rumor yang tersebat di media.

Selidik punya selidik, teman saya yang pernah riset tentang veteran berkata “mereka memang tidak mengurus pensiun nya, kendala mereka adalah baca tulis, mereka tidak bisa baca tulis”

Masya Allah….

Karena tidak bisa baca tulis, mereka kekurangan informasi, bahkan informasi mengenai haknya mendapat pensiun dan fasilitas memadai mereka bisa tidak mengetahuinya. Karena tidak bisa baca tulis juga mereka kekurangan kapabilitas untuk mengurus dengan mandiri kebutuhannya, semisal dana pensiun mereka.

Jadi jangan lagi terus menerus salahkan pemerintah RI atas hal ini, tapi coba instrospeksi diri, sudahkan kita sendiri peduli pada lingkungan kita? Seandainya kita semua peduli dengan sekitar, tentu kejadian seperti mantan veteran yang terbengkalai tidak mungkin terjadi, setidaknya bisa diminimalisir kan?

Tidak bisa baca tulis, ayo diajarkan…

Kurang informasi, kita yang tahu sebaiknya memberi tahu

Mereka tidak bisa mandiri mengurus kebutuhan mereka, ayo dibantu mengurusnya…

Sayangnya, sifat manusia kebanyakan adalah memegang prinsip “selama ada yang bisa disalahkan, itu lebih baik, dibanding menyalahkan diri sendiri”.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

 

Tidak bermaksud provokasi kok ^_^ toh saya tidak memiliki keluarga ataupun saudara yang menjabat di institusi kepemerintahan. Hanya ingin mengungkapkan untuk tidak saling menyalahkan saja.

Advertisements

2 thoughts on “Kasus Veteran : Karena Kita Tidak Peduli

  1. Kakek saya juga Veteran dan beliau mendapat rumah dan gajih pensiun yang lumayan.

    Memang benar kadang ada yang tidak mengurus untuk mendapatkan tunjangan tersebut 🙂

    Setuju dengan usulan untuk membantu para Veteran tersebut agar memperoleh hak yang semestinya dan Talks Less do More (maaf pinjam slogan iklan), hehe

    Like

Tell me anything :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s