Playing My Piano

Sering melihat acara TV, Sinetron, Film yang menampilkan adegan seorang pianist memainkan pianonya. Tangan yang lentik menari-nari di tuts piano. Cantik.. kangen…

Sayangnya gak semua penampilan itu membuat saya kagum (sombong 😛 ), karena saya tahu mana yang expert, dan mana yang bermain untuk hobi saja. Darimana? Bukan dari lagu nya, saya gak hafal semua jenis lagu yang ada di dunia, baik klasik, jazz, pop, dsb. Gak. Yang saya tau hanya permainan lagu klasik saja, itupun sedikittt..

Jadi?

Dari gerakan tangannya.

Kalau yang expert pergelangan tangannya gak bergerak naik turun saat memainkan piano. Statis, dan yang bergerak hanya lengan dan jari saja.

Contoh

 

 

Little Elsha Played The Piano

Dulu saat saya berlatih piano di Sekolah Musik Yayasan Pendidikan Musik Manggarai, oleh Kak Stella, di atas pergelangan tangan saya dikasih penghapus. Saat memainkan piano juga harus diperhatikan agar penghapusnya gak jatuh, sebagai indikator bahwa pergelangan tangan tidak bergerak naik turun.

Ada sih yang menaikkan turunkan pergelangannya saat main piano, tetapi itu memang ditujukan untuk mengekspresikan feeling nya, biasanya disertai dengan gerakan badan, bahu, kepala, dan sebagainya. Harus dibedakan.

 

Bahkan dari awal bermain piano gerakan tangan sudah menjadi dasar pelatihan.

Ok. totally missing the time. Those quality time when I played my piano.

Tell me anything :)

