Membudayakan Blogging, atau Blogging Adalah Budaya?

*sebenarnya sudah lama mau share alasan ngeblog, dan apa itu ngeblog menurut saya. Tapi gak jadi-jadi. Kebetulan sekarang ada kontes dengan tema yang sama, jadi termotivasi dehh (hihi… bilang aja pengen hadiah nya :p )

Dulu, sekitar bulan September tahun 2009, saya blogwalking ke blog-blog orang-orang yang saya kenal, meski saya gak komen apa-apa, Cuma baca, silent reader istilahnya, dan mikir kayaknya asyik, punya jurnal pribadi atas kisah dan pemikiran. FYI, saya tipikal pemikir, menjurus ke arah filosofis, sayang aja kalo pemikiran itu gak dicatat di jurnal permanen seperti blog.

Akhirnya, saya bikin blog pribadi. Official. parawira.wordpress.com

Saya kasi nama jurnal ini: Cerita dan Pemikiran, dialihbahasakan ke bahasa Italia : Storie e Pensieri. 😀

Saya enggan pakai aplikasi notes di Facebook, padahal saat itu sedang booming. Why? Karena (saat itu) saya gak mau dikenal. Saya gak publish di blog siapa si author ini, saya Cuma cerita, murni cerita. Yang tau Cuma Titut (sahabat) dan Dendy (adik laki-laki).

Mengalirlah kisah-kisah dan pemikiran-pemikiran saya dengan hidden ID. Nama saya, nama kampus, nama teman-teman, saya samarkan. hahaha

Suatu hari… ada komen tidak diinginkan!!!

Dari seseorang bernama gelap baron.bonn di sini.

Terganggu sekali saya oleh komen itu, tapi saya berdalih dengan “tenang… bisa aja si baron dari luar negeri, jadi gak perlu takut identitas asli mu ketemu, sha…” ahahaha, main detektif-detektifan deh. (saya mikir dia dari luar negeri karena pake bahasa Inggris komennya).

Saya gak balas komen itu. Lanjutkan hidup, lanjutkan ngeblog.

Singkat cerita, baron.bonn ini stalked saya, melalui blog ini dan YM juga, dan ternyata… dia salah satu programmer pembuat portal kampus saya. Saya kesel, merasa kalah, merasa gagal menyembunyikan identitas. Akhirnya saya putuskan segala komunikasi dengan si baron dengan sebelumnya chat si baron via YM marah-marah. Saya delete id ym nya. Saya pindah blog.

Kali ini ke blogspot. Saya setting agar search engine pun gak akan bisa nemukan saya dengan adanya keyword googling. Game on.

Tapi.. ketahuan lagi 😦 . Si baron bahkan komen lagi di blog itu.

Akhirnya saya nyerah… saya dekati si baron (orang kayak gini gak bisa dijauhin, harus dideketin dan ditanya mau apa). Saya add lagi YM nya, share tentang banyak hal. Brainstorming. Dari beliau pula saya terinspirasi untuk publish blog saya, gak lagi sembunyikan identitas, karena ternyata beberapa postingan saya berguna buat orang lain (si baron khususnya). Akhirnya.. saya balik lagi ke wordpress ini (karena wordpress lebih fungsional dibanding lainnya, menurut saya), dan tidak lagi menyamar-nyamarkan identitas (kecuali yang confidential).

Prinsipnya : buat apa segan share pemikiran dan kisah dengan orang tau siapa kita? Gak ada yang perlu disembunyikan selama itu menghibur dan atau berguna bagi orang lain kan?

And you know what??

Si baron.bonn ini sekarang menjadi suami saya 😀

Hamdallah..

Dalam pandangan saya sekarang, blog itu tempat kita bercerita ke dunia, ke orang-orang yang dikenal, yang gak dikenal juga. Biarlah mereka tahu apa kisah dan pemikiran kita, respon-respon pembaca akan menjadikan kita semakin berwawasan, dan bahkan menambah teman juga kan??? Berbagi itu poinnya.

Secara pribadi: catatan pribadi perjalanan hidup. Catatan pembelajaran – contohnya ya tadi saat saya masih enggan share secara transparan, hingga kini malah pajang Banner Facebook dan ID twitter, juga foto-foto. 😆

Dari belum tau, bagaimana bilang aamiin yang benar, dari zaman masih sibuk kuliah, dari zaman belum rasain nikmatnya sebuah pernikahan.. hingga sekarang, menjadi istri juga karyawan. Dari zaman belum bisa masak, hingga sekarang malah share resep-resep masakan dan kue. Ahahaha…

Blogging juga melatih kita untuk sortir mana yang perlu dibagi ke dunia, dan mana yang perlu di-keep sendiri.

Yang penting menurut saya ndak perlu sampai jadi spoiler, pamer dan sebagainya. Dikhawatirkan ada yang risih atau tersinggung jika membacanya. Ok, mungkin ada yang bilang “as simple as do not click this blog”, tetapi namanya rasa penasaran orang lain, mau gak mau tapi karena penasaran, bisa aja klik blog ini dan baca kan? Hhehehe.. *PD to the max.

Apa adanya saja, dan tetap dalam koridor kewajaran. Gaya penulisannya juga gitu.. kalau lagi serius, jadinya serius banget, bisa jadi singkat banget (satu kalimat). Kadang heboh dan lebay juga. Tergantung mood saja 😛

Gak perlu jadi orang lain di sini. Tho pembaca mayoritas ya kita sendiri si author – untuk mengenang lagi kenangan di balik postingan kita. Ya. Post-post di sini memang untuk diri sendiri di kemudian hari. “ini lho sha… dulu kamu begini…” begitu kurang lebih.

And moreover, blogging adalah bagian dari budaya 🙂

“ Ingin mengenal dunia, membacalah. Ingin dikenal dunia, menulislah”

~~

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes “Ngeblog di Mata Perempuan” yang diselenggarakan oleh EmakBlogger.

 

\\ update September 16th, 2012

Alhamdulillah.. post ini menang kontes “Ngeblog di Mata Perempuan” oleh Emak Blogger, juara III. All praises to Allah 🙂 🙂 🙂

Hadiahnya: tas unik cantik (yang sampe sekarang dipake kemana-kemana), novel Ruby, buku motivasi, dan clothes care, oiya gak lupa pulsa 50ribu 😀

Makasiiiii ya Emak Blogger :*

14 thoughts on “Membudayakan Blogging, atau Blogging Adalah Budaya?

  1. Subhanallah, awalnya kaget karena berpikir mba diteror, lah dalah ternyata jodo itu emang ga bisa disangka yaa, ihihihi, salut buat perjuangannya mas Baron, salam kenal mak

    Like

    1. iya, kaget juga sebenernya, mbak. satu kampus jadi heboh gara-gara saya nikah pertama dengan orang yang gak disangka. hehe.. salam kenal juga mbak …

      aniwei kenapa tiap saya mau komen di blog mbak selalu gagal ya? dari 2 minggu yang lalu..

      Like

  2. Aw, this was an extremely good post. Taking the time and actual effort to
    make a really good article… but what can I say… I put things off a whole lot and
    don’t manage to get nearly anything done.

    Like

Tell me anything :)

