Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis 2012

*Kelamaan disimpan di draft, kali ini dipublish. SNAB 2012 itu sendiri diadakan sudah lama, 27 Maret 2012.

~ On Memorial ~

Alhamdulillah.. dapat kesempatan jadi pemakalah di SNAB 2012 ini. Makalah yang kami (pembimbing skripsi dan saya) submit, lolos.

Jadilah kami mesti presentasi isi makalah itu di depan pemakalah dan peserta lainnya. Well.. it’s not really a big deal, walau awalnya nervous juga, masih lebih parah pembantaian sidang skripsi dibandingkan seminar. 😛

Tanggal 27 Maret di Universitas Widyatama presentasinya, kami tanggal 26 Maret udah dateng ke Bandung duluan. Nginep di salah satu hotel di Bandung, saya kebagian sekamar sama Onya. Onya udah temen dekat jaman kuliah kemarin.. dari semester 1, sampai kelas malam, sampai MOAL, udah khatam luar kepala tentang sifat dia :mrgreen:

Itinerary kami simpel. Begitu nyampe di Bandung, istirahat sebentar, terus makan malem bareng outdoor, belanja oleh-oleh, pulang, tidur, besok paginya dateng ke SNAB.

Saat istirahat sebentar itu, onya cerita banyak tentang hidupnya. Dari sini prinsip “i am not the only one who have huge problems” saya menguat. Di luar sana banyak orang yang punya masalah besar, berat, jangan hanya mikirin diri sendiri.

Pasca solat magrib, kami makan malem di Kartika Sari, sekalian beli oleh-oleh. Kemudian pulang lagi ke hotel, istirahat total sambil nonton tv, or baca-baca lagi bahan presentasi.

Saya pribadi dalam hal persiapan presentasi menganut ajaran saat workshop Eagle Award kemarin “Kira-kira menurut kita apa yang akan ditanyakan dewan juri, sekecil-kecilnya, itu yang harus dikuasai”. Terbukti ilmu itu selalu berguna. Jadi kalo ada yang tanya “Elsha udah siap presentasi?”, bingung jawabnya, bahan udah oke, hafal? iya, kan saya yang bikin. tinggal prepare pembantaian dari para penanya aja 🙂

Tanggal 27 Maret

Acara dimulai pukul 08.30 WIB, pembukaan, presentasi dari beberapa petinggi ilmu ekonomi, coffee break, dsb hingga pukul 12.00 WIB.

Acara inti dimulai pukul 13.30 WIB, presentasi. Untuk presentasi kita dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai kategori makalah / jurnal yang kita submit. Misalnya kita bahas tentang GCG (Good Corporate Governance), maka kita akan dikelompokkan dengan sesama pemakalah GCG juga. Dan kita presentasi di hadapan mereka saja. Umumnya satu kelompok untuk satu sesi rata-rata ada 3-4 kelompok. Jadi dalam satu ruangan ada kurang lebih ada 8-12 pemakalah, lainnya plus peserta yang ingin menuntut ilmu dan berbagi dengan kami.

Saya dimasukkan dalam kelompok yang membahas Structural Equational Modelling (SEM). Kebagian presentasi pukul 15.00 WIB. Alhamdulillah semua lancar, pertanyaan yang ditanya pun seputar rumus yang dipakai dan tools dalam running data saya (Saya pakai Partial Least Square; PLS). Bu juryca sangat membantu, dengan tegas dan padat, bergantian dengan saya, menjawab pertanyaan yang datang. Beres. Pengalaman pun didapat. 🙂

Acara selesai sekitar pukul 18.00 WIB, setelah ambil sertifikat pemakalah (penting untuk CV :d ), kami pulang. Solat dan makan malam dulu di RM Sederhana (makan gulai kepala kakap kesukaan!!), naik Citytrans pulang ke Jakarta, nervous dan pasrah lewat tol cipularang km kepala 9.

Di Jakarta jam 21.30 wib, kami berhenti di Pasar Festival, deket kampus, deket rumah juga. Masing-masing nunggu jemputan kecuali Onya yang pulang sendiri. Bu Juryca dijemput suami, saya dijemput mas. Terpaksa pembicaaran saya yang lagi seru dengan bu Juryca terhenti di tengah karena datangnya jemputan kami :-|(suami bu Juryca dan misua saya kebetulan datengnya berbarengan), kapan lagi ngobrol dengan dosbing ku sayang lagi??

Saya dan mas langsung pulang? NOT. Ke McD dulu yang masih buka jam segitu, makan, ngobrol (melepas kangen terpisah jarak selama satu malam, ciyeehhh 😆 ). Baru kemudian pulang.

Dan.. saya ketagihan.

Mau lagi jadi pemakalah (tapi beasiswa lagi). Well.. S2 keinginan middle term saat ini, siapa tau dapet beasiswa lagi, bikin journal lagi, semoga next opportunity bisa lolos journal tingkat international. aamiin.. go abroad gratis* !

* kalo mau gratis, harus ada instansi yang mewakili. umumnya instansi dimana kita kuliah, dalam kasus tadi, saya dapet sponsor dari kampus (Universitas Bakrie). Walau saat SNAB saya sudah lulus, tapi saat pembuatan jurnal tersebut, status saya masih mahasiswi, jadi bisa dapet sponsor 😀

** Foto-fotonya ilang.. hape udah totally hard reset  😦

Tell me anything :)

