Urus Kependudukan #1

PROLOG:

Mau jadi penduduk Indonesia yang baik dan taat aturan pemerintah ternyata juga ada hambatannya. Pungli. Membelotkan prosedur supaya terasa sangat panjang, dan akhirnya si rakyat jelata yang pingin cepet harus ngeluarin kocek yang wow (bisa lebih dari setengah juta 😯 )

Bukannya para PNS itu juga dibayar dari pajak-pajak yang kita bayar? terus kenapa harus ada pungli lagi? 😡

kalo pak erte, erwe masih paham, mereka gak digaji, jadi hati nurani kami aja yang ikhlas banget kasi dana sukarela. tapi pak erte dan erwe di rumah gue baik banget, gak minta. apalagi yang pak erwe, malah nyuruh misua masukin uangnya ke kotak amal. (GINI NIH!!! coba semua orang begini).

Ceritanya begini:

kami mau urus ktp agar jadi satu KK, jadi kalo si kecil lahir akta kelahirannya bisa mudah urusnya, gak ribet lagi.. :mrgreen: gak itu juga sih alasan utamanya, supaya urus ini itu gampang aja, gak harus ke malang or bekasi dulu.

dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap. punya mas :

  1. surat keterangan pindah penduduk dari kelurahan dan kecamatan di malang
  2. surat dari disdukcapil Malang (means mas udah dicabut dari kependudukan malang)
  3. SKCK dari malang.
  4. KK Lama
  5. fotokopi surat nikah
  6. fotokopi KTP lama
  7. surat keterangan kerja dari kantor
  8. surat keterangan RT RW dari tempat yang sekarang

sedangkan yang punya gue :

  1. cuma surat keterangan pindah penduduk dari kelurahan dan kecamatan di bekasi. yang lainnya belom urus (peer banget, jadi yang ini belum diurus dulu)

Jadi ada dua case:

  • case mas           : dokumen lengkap, tapi surat disdukcapil Malang-nya expired
  • case gue            : dokumen belum lengkap, kurang SKCK dan surat disdukcapil dari Bekasi.

Pergilah gue ke kelurahan. Ketemu petugas kelurahan. liat-liat dokumen mas. si bapak kelurahan (sebut saja bapak A) bilang kalo mas mesti ke DISDUKCAPIL kota Jakarta dulu untuk bayar denda administrasi, terus ke kecamatan, baru ke kelurahan lagi. Karena surat disdukcapil malang punya mas udah lewat dari 14 hari masa berlaku. Disdukcapi jakarta di Radio dalam. PE-er 2!!

Karena gue gak mau ribet, akhirnya tanya gimana kalo si bapak A bisa bantu kami urus ke radio dalam, ke kecamatan, dan KTP jadi dalam waktu 1 minggu.

Harganya? 400ribu. mangstap. Bisa 200ribu, tapi jadinya 1.5bulan.

Gue belum bayar, tanya dulu malemnya ke misua. misua tolak mentah-mentah. iyalahhh, gimana sih elsha orang keuangan bukannya medit!! :mrgreen:

Akhirnya berusaha nego-lah kami dengan pak A, 400ribu tapi untuk dua ktp jadi, mas and me, plus KK. jawabannya gak bisa, kalo dua ktp jatuhnya 600ribu :shock:. Alasannya ” surat pindah disdukcapil dan skck mas dari malang udah expired, jadi agak ribet mengusahakan agar diterima kecamatan. dan orang kecamatan plus disdukcapil kalo liat orang kelurahan dapet projek begini, bakal minta jatah juga”

Kesimpulan tawaran biaya dari pak A:

  • 400ribu : KTP mas+KK+ KTP musiman gue (jadi dalam 1 minggu, dan pak A yang jalan ke kecamatan dan disdukcapil urus berkas-berkasnya)
  • 200ribu : KTP mas +KK (jadi dalam 1.5bulan, pak A yang jalan ke kecamatan dan disdukcapil urus berkas-berkasnya)
  • 600ribu : KTP mas+KK+KTP gue (jadi dalam 1 minggu, pak A yang jalan ke kecamatan dan disdukcapil urus berkas-berkasnya)

Singkat kata, Insting kami memutuskan untuk jalan sendiri aja. Bikin KTP musiman dulu, sementara KTP asli jadi dua bulan lagi. Butuh KTP nih buat buka rekening baru dan buat mudik.

Lagian KTP musiman langsung jadi dalam hitungan menit.

(to-be-continued)

Advertisements

3 thoughts on “Urus Kependudukan #1

  1. Elsa aku juga mengalami ini. Susah ya kalau mau jujur dan taat aturan di Indonesia :((. tapi kalau mau buat KTP tetap emang butuh waktu selama itu ya SA? 1,5 bulan?

    Like

    1. aku kan bikin baru mbak el.. bukan sekedar perpanjang, jadi bener2 pindah kependudukan, jadi bikinnya lama.. plus sekalian e-ktp, jadi 1.5 bulan deh 😀

      tapi tenang aja mbak.. ada resi kok, resi tanda ktp lagi dibuatkan, jadi resi bisa jadi pengganti ktp untuk sementara CMIIW :mrgreen:

      Like

Tell me anything :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s