Tentang Tutup Blog ?

Belakangan jadi aware sama case seleb blog yang sudah tutup blognya, gak sekedar ‘no posting anymore’ tapi bener web nya yang dihapus. Well.. Walaupun baru satu blog yang tutup blognya, yang saya selama ini ikutin postingannya, tapi ternyata pendahulu nya banyak yang tutup blog juga. Umumnya yang tutup blog itu ada seleb blog (yg komentator blognya banyak, follower blognya juga banyak, follower twitternya, haters nya pun!).

Alasan mereka simple: jaga privasi diri mereka.

I don’t wanna talk about whose blog is that. But.. My point of view on this case.

Remember: sekali kita share sesuatu di dunia maya (blog and or web), selamanya info itu akan tersimpan di dunia maya, gak kehapus.

Lain ceritanya kalo di twitter, fesbuk, multiply, friendster (social networking) masih bisa dihapus dan gak ke-detect setelah kita tutup akunnya. Tetapi di blog???

Dulu pas punya stalker (ahem) :mrgreen: saya juga sempat mikir tutup blog, means no post anymore, pindah blog tapi gak hapus blog lama. Tapi akhirnya balik lagi ke sini setelah masalah stalker itu ‘terselesaikan’. Ahem.

Informasi tersimpan (mungkin) selamanya di dunia maya..

Contoh kalo kita hapus salah satu postingan di blog tanggal 1 januari 2013, tanggal 15 januari 2013 tetap bisa kebuka postingannya via cache (tembolok) waktu googling, beberapa saat lamanya di google hingga google delete sendiri. Baru setelah beberapa saat (yang gak tau kapan) postingan itu baru akan bener-bener hilang dari search engine. Trust me, I already observed this.

Kedengerannya masih aman ya.. Nope!!! Ada yang lebih canggih lagi.

Setelah case tutup blog oleh salah satu seleb blog yang saya pribadi sering baca, saya jadi ngobrol sama mamase tentang ini. Hasil obrolan kami bikin saya shock! Ternyatooo blog yang udah kehapus webnya pun tetap bisa dibuka lagi oleh kita dengan cara tertentu!! :shocked: Uwow! *nyebut* but again.. Kami gak tau sampai kapan itu bisa dibuka dengan cara itu (maaf gak bisa di-share, for some reasons). Tapi so far saya masih bisa tuh buka-buka web nya ex blogger yang udah tutup blognya, bahkan plus theme blognya yang berubah-ubah sesuai timeline dia ubah-ubah.

Saya gak mau, at least belum mau, tutup blog ini. Passion dan hasrat nulis masih buuanyakk, hasrat nge-bawel tepatnya kali ya :mrgreen:. Jadi solusi paling benar adalah ngejaga privasi pribadi dan keluarga, mana yang perlu di-share, mana yang gak. Gak mau banget tutup blog karena keganggu privasi nya. Lagian siapa gue? Hahaha. Yang baca blog ini juga palingan temen-temen or keluarga yang.. literally.. emang kenal saya di dunia nyata. Walau mungkin ada beberapa yang kenalannya juga lewat blogwalking 🙂

So be careful dalam share apapun ya, guys.. Kalo udah pernah share di dunia maya akan lama ilangnya, sekalipun kita hapus postingan or blognya. One thing: we’ll never know what we had done in someone’s life, and also we’ll never know what will people do to us. We know nothing. Beware 🙂

Posted from WordPress for Blackberry
@eparawira

Advertisements

Tell me anything :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s