Menuju Hari Inspirasi

Hai hello..

Mau cerita sedikit (well it’s gonna be a long story) tentang kegiatan Kelas Inspirasi tahun ini yang – alhamdulillah – saya berkesempatan join. Tahun ini adalah tahun ke-5 Kelas Inspirasi diadakan. Saya tahu info pendaftaran dibuka dari temen SD saya: Diaz (setelah wanti-wanti ke dia infoin saya kalo pendaftaran KI dibuka hahaha). Diaz adalah Pengajar Muda yang baruuu aja pulang dari Passer. Thank him…

Diaz kasih info ke saya dengan cara mention saya di twitter, twitter di hape biasanya butut banget, notif nya gak aktif. Tapi ajaibnya mention Diaz tentang KI ini muncul notifnya. Sungguh magic. Saya baru daftar di malam terakhir penutupan. Saya klik link yang diinfoin, jawab pertanyaan sebagai requirements, dan… berdoa semoga lolos 🙂

image

Long story short, saya lolos. Saya liat di instagram @ki_jakarta bahwa pengumuman sudah keluar, buka link nya eh ada nama saya, eh juga dapet emailnya. Soooo happy! Excited, penasaran, campur aduk. Email dari panitia selanjutnya berupa info briefing waktu dan tempatnya. Soehanna Hall it is. Saya pastikan saya bisa datang (dengan malam sebelumnya join grup WhatsApp kelompok 55 dimana Fasilitator nya make sure kita untuk dateng). Berhubung itu weekend dan saya bisa, so there I came 🙂

Sekilas buat yang belum tau apa itu Kelas Inspirasi, Kelas Inspirasi adalah kegiatan turunan dari Indonesia Mengajar untuk menginspirasi adik-adik agar tetap semangat belajar dan raih cita-cita mereka dengan cara datang sehari ke Sekolah yang ditentukan, berbagi cerita tentang profesi masing-masing Relawannya (atau disebut juga dengan Inspirator). Bedanya Indonesia Mengajar yaitu mengajar setahun di pelosok, sedangkan KI ini hanya satu hari dalam setahun. Kegiatan KI diadakan annually.

Lanjut ya ceritanya.. Pas dateng briefing, agak-agak terkesima gitu. Saya gak kira sama sekali akan seeeeebaaanyaaaakkkk itu Relawannya! Well… padahal saya dah liat pengumuman Relawan yang lolos aja emang banyak. Hahahahahaha #dodol. Kalau liat fotonya jadi kayak training MLM mungkin ya (mungkin lho yaa 😀 ga pernah ikut MLM soalnya) banyak orang dan semangat semua. Saking banyaknya, duduk aja  dempet-dempetan, susah jalan kalau mau ke toilet :mrgreen: salute.

image
Briefing Kelas Inspirasi 5. Pic credit: Panitia Kelas Inspirasi

Di briefing itu diinfoin 7 dasar prinsip Relawan, salah satunya: sukarela. Di KI tidak ada yang bayar or ngegaji kita, belakangan banyak yang nanya “dibayar berapa, Sha?” Errrr.. dengan serius saya jawab “gak dibayar kok”. Mungkin istilah tidak ada yang gratis sangat melekat di pikiran orang2 yang bertanya ini.. syukurnya banyak kok yang gratis, semudah memberi motivasi, dan support, berbagi kisah, berbagi ilmu. Gratis. Seperti kegiatan Kelas Inspirasi ini. Murni sukarela, baik tenaga maupun materi. Tidak membawa kepentingan organisasi atau institusi manapun. #penting

Saya di kelompok 55, dapat SDN Semper Barat 05. Daerah Priok. Jauh dari rumah saya di daerah Jakarta Selatan, belum pernah saya jamah. Hahahahaha. Kemudian anggota kelompok saling berkenalan: nama, profesi. Ada yang IT, Project Admin, Procurement, Analis Keuangan, Compliance, Architect, Konsultan, Dokter, Central Banker, PNS Polri, dll. Juga kenalan dengan perwakilan sekolah yang dituju: Bu Winny.

Bu Winny cerita latar belakang anak SDnya, berapa jumlah siswanya, berapa jumlah kelasnya, juga info kita sekolahnya ada semacam shifting. Jadi pagi untuk kelas 4 hingga kelas 6, siangnya untuk kelas 1 hingga 3. Pantesan kami satu kelompok ada 20an Inspirator.. ternyata karena kelasnya banyak. Hebat Panitia nentuinnya.

image
Kelompok 55. Kelas Inspirasi Jakarta 5

Further discussions were in WhatsApp group. Diputuskanlah adanya meet up di hari Rabu, saya gak join, weekdays ga bisa euy. Dari meet up ini dilahirkan jadwal Inspirator, rata-rata Inspirator dapet 5 kelas #eaaa 💪💪💪

Masing-masing Inspirator harus bikin Lesson Plan, semacam guidance untuk sesi inspirasi nantinya. Nah di sini agak-agak mikir.. untuk posisi saya sebagai Organization Development bagaimana caranya bisa disampaikan ke adik2 SD, agar mereka mengerti apa itu OD dan bagi saya Inspirasi bukanlah hanya tentang mengajak mereka untuk terinspirasi atau bercita-cita punya posisi OD nantinya, tetapi jugaa lebih kepada mereka paham peran mereka, dan juga mengerti bahwa apapun yang mereka kerjakan selalu ada yang menilai. Klik deh dengan posisi saya sebagai OD.. masalah JobDesc saya kaitkan dengan peran mereka, tentang produktifitas dan KPI saya kaitkan dengan Rapor mereka.

Pembuatan Lesson Plan saya kerjain di sela-sela rutinitas harian, pas ada ide langsung catet, begitu terus sampai Lesson Plan jadi utuh. Lesson Plan kemudian dikirim, dan tunggu respon Fasilitator (thank Mas Adam, Mba Pita dan Mba Tika). Alhamdulillah gak banyak yang harus direvisi. Love ya, Fasil! :*

Saya join di seksi perlengkapan, bikin crown dari karton dan origami untuk 600 anak, saya sanggup 120, sisanya dibantu sama anggota lain yang sungguh luar biasa semangatnya, setidaknya ada yang bisa saya bantu walau sedikit.. hebatnya teman-teman walaupun tidak menobatkan diri sebagai seksi perlengkapan, tetap mau bantu tanpa diminta. Karena lokasi SD nya cukup jauh, Inspirator dan Fasilitator memutuskan (dari jauh hari) akan nginap di rumah salah satu Fotografer (Mas Darwin) malam sebelum hari H. Tidak dengan saya yang gak dapat ijin nginep. Hihihi

image
120 Mahkota Bintang sbg properti kelompok on progress!
20160507_104556
Kelompok 55 KI 5, H-1. Top!

Hari inspirasi di tahun 2016 ini jatuh di tanggal 02 Mei 2016, Hari Pendidikan Nasional. H-1 makin deg-degan. Saya belum bikin properti pribadi! Properti pribadi baru kelar sekitar jam 12 malem :mrgreen: lanjut pasang alarm, kebangun malah jam setengah 5 pagi, jam 5 berangkat naik Grab bareng Desy teman sekelompok (yang ternyata tetangga passsss depan rumah gue!). Keren ya KI, akhirnya saya tau anak tetangga depan rumah ada dimana, selama ini cuma bertanya-tanya. Hahahahaha 😆  *ambivert detected*

Selanjutnya… postingan terpisah yaa. Panjang soalnya 🙂

See u.

3 thoughts on “Menuju Hari Inspirasi

Tell me anything :)

