Ada Dua Sudut Pandang…

Tentang apa arti anak menurut dua sampel yang diambil secara random, dengan populasi ibu-ibu yang sudah punya anak lebih dari satu, dan sudah lebih dari 10 tahun membesarkan anak. Yakin deh, cara mereka mendidik / membesarkan anak musti beda. Kebetulan.. ini kebetulan sekali.. dua sampel ini sudah membesarkan anak lebih dari 15 tahun, harusnya makin valid sih ya untuk hasilnya.

Si wanita #1 bilang bahwa anak adalah kebanggaan. Si wanita #2 bilang bahwa anak adalah titipan Allah.

Saya tidak terlalu tau dengan gimana cara mereka mendidik / membesarkan anak mereka, tapi dari sedikit curhatan mereka (yang segelintir aja) saya jadi sedikit bikin judgement (haha! Siapa gue).

Wanita #2 lebih tenang dan ikhlas untuk apapun yang terjadi, selama sudah berusaha yang terbaik, sisanya pasrah (tawaqal). Apa profesi anak2nya? Bisa dikatakan cukup sukses, bahkan ada yang sangat sukses. Dari ceritanya diketahui anak2nya bebas nentuin mau kemana, jadi apa dsb, modal si ibu hanya membimbing, mengingatkan, dan mendoakan.

Sedangkan untuk Wanita h1, walau anak2nya juga cukup sukses juga ada yang sangat sukses, tetapi bisa dibilang lebih demanding ke anaknya, ada harapan yang harus / wajib / kudu dikejar dan didapat. Demanding di sini bukan soal materi, tapi lebih kepada status. Saya jadi penasaran apa anak2nya hepi? Sempet stalk juga ke salah 1 anaknya, dan saya dapat lho jawabannya (jangan tanya kok bisa yaa.. jehehhehe), bahwa si anak sebenernya dulu enggan dengan profesinya sekarang, tapi karena tekad (jika tidak mau disebut ambisi) si wanita #1, maka si anak turuti, dan hebatnya si anak make it! Semua jalannya mulus2 aja. Mungkin karena si anak tipe penurut…

Gue mau tipe yang mana?

Kalo mau keras, maka tanamkan bahwa anak itu kebanggaan, kepemilikan.

Kalo mau anak hepi, maka tanamkan bahwa anak adalah titipan. Kita gaaaaaakkkkkk bisa memaksakan ambisi kita pada anak. Didik tauhid dan akidah, dan aturan agama (dan pendidikan ilmu lainnya) Sisanya.. pasrahkan pada Sang Pemilik… itu idealnya ya..

Saya sekarang tau saya mau yang kayak apa…. 🙂

Mudah2an terlaksana..

Advertisements

Tell me anything :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s